Siapa Bilang Gamis Cuma Untuk Wanita? Para Pria Bisa Pakai Gamis Pesta Khas Timur Tengah Ini!

Euforia kedatangan Raja Salman dari Arab Saudi masih bergejolak, yang mana semua aspek kehidupan di sana mendadak dikupas media. Tidak terkecuali fashion! Soal fashion wanita sudah tidak diragukan lagi. Kita lebih sering melihat para wanita memakai pakaian modest wear mulai dari gamis hingga tunik. Nah, fashion pria ternyata sedikit berbeda dengan kebanyakan orang yang mana kita lebih memilih kemeja dan jeans untuk outfit sehari-hari. Nah, di sana para pria Arab sangat gemar memakai gamis, bahkan saat pesta mereka memakai gamis pesta khusus para pria.

Perlu Anda ketahui, Gamis pesta pria tidak melulu berwarna putih dan panjang. Beberapa gamis di Timur Tengah juga memberikan warna berbeda, baik dari desain dan karakternya.Gamis pesta

Trend Gamis Pesta Arab dan Timur Tengah Khusus Pria

Jellabiya Khas Arab Saudi

Jellabiya sebenarnya tidak hanya dipakai oleh pria di Arab Saudi. lelaki dari Kuwait, Mesir, Yordania sampai Afrika juga memakai busana ini. Jenis busana pria ini sekilas mirip dengan kondura atau gamis Arab pada umumnya. Hanya saja, Jellabiya tidak memiliki kerah, model lengan yang lebih lebar dan potongan di badannya juga lebar dari gamis pada umumnya. Untuk gamis pesta model Jellabiya umumnya dibedakan dari segi bahan yang lebih berkilau, seperti sutera. Hiasannya juga dilengkapi aksen keemasan atau warna cerah lainnya.

Kondura atau Thawb

Kondura atau Thawb biasa disebut gamis Arab. Busana ini juga dikenakan oleh raja Salman dan para pria arab lainya. Selain Arab, para pria Irak juga memakai pakaian tradisional khas timur tengah ini dengan dominasi warna putih. Bahannya pun juga friendly, umumnya terbuat dari katun atau kain wool sehingga hangat saat dipakai di musim dingin.

Sementara itu, Thawb khusus negara Maroko sedikit lebih berbeda dengan lengan yang lebih pendek dan dilengkapi aksen embroidery.

Jubba

Jubba juga merupakan salah satu gamis pesta khsus pria yang paling difavoritkan. Jubba ini mirip dengan tunik dengan panjang hingga di bawah lutut dan berlengan panjang. Jubba sekilas mirip dengan kaftan dan hadir dalam berbagai macam warna seperti biru, abu-abu, hitam, krem dan lain sebagainya. Jubba terkesan lebih modern dan disukai karena terlihat lebih gaya dan rapi saat dikenakan.

Jubbas

Jubbas tidak memiliki banyak perbedaan dengan gamis tradisional Arab. Hanya saja perbedaanya terletak pada warna yang lebih beragam. Jubbas ini umumnya juga dipakai di Turki sebagai pakaian sehari-hari atau acara penting. Tergantung bahan yang dipakai.

KurtaGamis pesta

Kalau Anda sering melihat pria India di film yang memakai setelan mirip Jubba, maka di sana di sebut Kurta. Ada sedikit perbedaan soal Kurta ini dimana cenderung berdesain lurus dan longgar. Panjangnya pun juga sampai bawah lutut. Kurta umumnya dipakai di Nepal, India serta Pakistan.

Gamis pesta khas Timur Tengah ini sampai sekarang masih dipakai di berbagai acara. Meskipun, para pria mulai beralih ke jas dan kemeja di beberapa kesempatan. Baju tradisional ini juga mengalami modifikasi dalam hal padu-padan, seperti kombinasi dengan celana jeans, sneaker, dan sorban. Para pria tersebut juga memadukan outfit ini dengan berbagai model kacamata untuk memberikan kesan modern dan tidak kaku.

Bagaimana? Anda tertarik memakai gamis pesta khas Timus Tengah Ini? Jangan lupa kunjungi galeri butik Ranti yang memiliki aneka koleksi baju muslim seperti gamis Arab khusus pria. Temukan item favorit Anda di tempat kami dan jadilah member sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *