Ukuran Khimar Syar’i sesuai Syariat

Ukuran Khimar SyariMayoritas pemeluk agama Islam memang sangat peduli dengan busana yang mereka kenakan sehari-hari yang dipakai untuk kegiatan di dalam atau luar rumah dan busana khusus untuk beribadah. Di Indonesia, busana muslim memang sangat digemari, sebab populasi pemeluk agama Islam di Indonesia yang hampir mencapai 85% dari total jumlah penduduknya. Hal ini juga yang menjadikan industri fashion muslim pun menjadi tinggi peminatnya.

Sudahkah anda mengetahui jika trend mengenakan khimar sedang berkembang pesat di berbagai kalangan akhir-akhir ini? Khimar adalah salah satu model kerudung yang biasanya terbuat dari kain sifon, cerut, atau twiscone. Bahan kain jenis ini adalah jenis kain yang tipis, lembut dan mudah digunakan namun tetap nyaman jika bersentuhan langsung dengan kulit. Oleh karena itu, tiap-tiap desain dari khimar ini biasanya menggunaka dua lapis kain atau bahan agar tidak menerawang saat dikenakan.

Seiring dengan pesatnya perkembangan jaman dan kebiasaan yang terjadi, masyarakat kini banyak menyebut istilah selendang dan kerudung dengan bahan tertentu disebut sebagai khimar. Contohnya, khimar berbahan chiffon yang sekarang ini memang sedang ramai dan menjadi busana penunjang favorit oleh hijabers. Tak banyak memang yang mengtahui jika yang dikenakan sebetulnya justeru lebih mengacu pada istilah kerudung biasa. Meskipun apapun istilah dan sebutannya, khimar dewasa ini telah menjadi bagian dari trend fashion untuk wanita. Para pengguna khimar sekarang kini tak hanya para hijabers, sebab khimar telah dikenal sejak lama sebelum menjadi trend seperti sekarang.

Umumnya, tampil menggunakan kerudung memang sangat diminati masyarakat saat ini. Ada beberapa saran yang bisa diterapkan. Memadukan jilbab khimar dengan pakaian menjadi tips tersendiri dalam fashion muslim. Untuk tampil menarik ada berbagai pertimbangan yang bisa dilakukan, mulai dari bahan, ukuran, warna serta pemakaian. Pada saat ini pemakaian paling sederhana yang dikombinasi dengan baju atau gaun yang sedang menjadi pilihan.

Bahkan, beberapa kombinasi juga telah bermunculan. Dampaknya, peminat kain penutup kepala pun kian meningkat. Banyak sekali model dan variasi dari khimar, sekaligus cara pemakaiannya yang beragam. Saat memilih model dan desain khimar untuk digunakan, akan timbul beberapa pertimbangan, di antaranya adalah tentang selera warna, motif maupun tentang ukuran khimar. Oleh karena itu, banyak desain yang ada di pasaran bermunculan dengan mengandalkan beberapa ukuran yang ditawarakan seperti mini, sedang, maupun jumbo.

Saat kita akan membeli khimar, kita harus memerhatikan jenis bahannya agar tak menerawang. Karena ini akan mempengaruhi kualitas penampilan, karena khimar yang syar’i. Karena itulah, khimar dengan kain dua lapis sangat disarankan untuk digunakan. Sesuai dengan ayat di dalam Al Quran tentang anjuran menggunakan khimar, khimar yang sesuai menurut syariat Islam adalah yang menutupi dada. Jadi, jika akan membeli khimar, pastikan bahwa khimar tersebut memiliki panjang yang bisa menutupi bagian dada atau lebih yang panjang.

Berbagai ukuran khimar yang ditawarkan memang sangat beragam, di antaranya adalah ukuran sedang dan jumbo. Dalam memilih ukuran khimar, sebaiknya pilihlah ukuran khimar yang sesuai dengan tinggi badan. Bagi anda yang memiliki tinggi badan sekitar 150 centi meter, sebaiknya menggunakan khimar yang memiliki ukuran sekitar200x75 centi meter. Bagi yang memiliki tinggi badan di atas 150 centi meter, sebaiknya memililih khimar dengan ukuran 90×200 cm. Apabila memiliki yang lebih tinggi, kemungkinan bisa menggunakan khimar dengan ukuran 125×250 centi meter. Pastikan kita tak salah memilih ukuran dari khimar yang salah, karena ini akan berdampak ke penampilan sebab dapat membuat anda terlihat lebih pendek.

Itulah sekilas ulasan serta penjelasan tenga ukuran khimar syar’i. Semoga kian menambah inspirasi anda untuk menambah koleksi-koleksi khimar cantik guna menunjang penampilan anda yang semakin anggun serta menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *